Friday 3 April 2015

Uji Tanah (Soil Test) Untuk Pondasi Bangunan

,
jasa soiltest jakarta tangerang BSD bogor bintaro bekasi


Tanah mempunyai fungsi yang penting dalam suatu lokasi pekerjaan konstruksi. Tanah adalah pondasi pendukung suatu bangunan. Penyelidikan lapangan (soil test) selalu diperlukan untuk mendapatkan data tanah di lapangan. Hasil penyelidikan akan didapat parameter tanah yang digunakan dalam perhitungan perencanaan struktur bawah bangunan. Tujuan penyelidikan untuk mendapatkan desain pondasi yang optimal sesuai dengan beban dan sifat-sifat tanah yang menempati pada area tersebut.
Pelaksanaan penyelidikan tanah meliputi penyelidikan lapangan dengan menggunakan alat sondir (Cone Penetrometer Test). Sondir adalah suatu alat berbentuk silinder dengan ujungnya berupa suatu konus. Dalam metoda ini didapat hasil penyelidikan berupa grafik yang terdiri dua parameter yang diukur yang nilai perlawanan konus (qc) dan hambatan pelekat (fs) dan penyelidikan boring.

Hasil penyelidikan ini dapat disebutkan diantaranya :
1. Menentukan profil tanah
2. Merupakan pelengkap bagi informasi dari pengeboran tanah.
3. Mengevaluasi karakteristik.
4. Menentukan daya dukung pondasi
5. Menentukan penurunan pondasi.

soil test sondir boring


Memilih Pondasi

Pemilihan Pondasi Berdasar Daya Dukung Tanah :
  • Bila tanah keras terletak pada permukaan tanah atau 2-3 meter di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi dangkal. (misal: pondasi jalur, pondasi telapak atau pondasi strauss).
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman sekitar 10 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi tiang minipile, pondasi sumuran atau pondasi bored pile.
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman 20 meter atau lebih di bawah permukaan tanah maka jenis pondasinya adalah pondasi tiang pancang atau pondasi bored pile.

Pemilihan jenis tiang untuk suatu pekerjaan tergantung dari daya dukung yang cukup yang diberikan untuk pondasi yang direncanakan. Pemilihan tipe tiang untuk berbagai jenis keadaan tergantung pada banyak faktor.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan pondasi tiang :
  1. Tipe dari tanah dasar yang meliputi jenis tanah dasar dan ciri-ciri topografinya.
  2. Jenis bangunan yang akan dibuat
  3. Kondisi lingkungan disekitar pekerjaan (adjacent structures)
  4. Alasan teknis pada waktu pelaksanaan.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Anda membutuhkan jasa sondir dan boring silahkan hubungi :

0821 2686 2689


0 comments to “Uji Tanah (Soil Test) Untuk Pondasi Bangunan”