Friday 25 July 2014

Soil Test - Sondir Tanah - Bandung Jakarta (I)

,

Sondir Untuk Mengetahui Daya Dukung Tanah

Tanah selalu memiliki peranan yang sangat penting pada suatu lokasi pekerjaan konstruksi, karena tanah dapat merupakan dasar dari pondasi pendukung suatu bangunan, juga dapat digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan itu sendiri atau bahkan kadang-kadang menjadi sumber penyebab gaya luar pada suatu bangunan, seperti halnya pada dinding penahan tanah maka harus dibuat pondasi yang dapat memikul beban bangunan itu sendiri berikut gaya yang bekerja melalui konstruksi bangunan itu.


Daya dukung tanah adalah kekuatan tanah yang mendukung struktur di atasnya, dimana data ini diperoleh dari hasil pengujian berupa uji standar penetrasi test . Parameter yang diperoleh dari hasil pengujian di lapangan diolah dan diambil nilai optimum yang benar-benar aman dari hasil analisa dan evaluasi data lapangan yang dapat mewakili kondisi tanah untuk kriteria usulan jenis pondasi untuk mengetahui besarnya nilai dukung tanah pada masing masing lapisan kedalaman.

Pada umumnya pondasi bangunan ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut :
  • susunan verbal dan sifat lapisan tanah setempat
  • besar macam dan sifat konstruksi
  • sifat dan keadaan setempat

Dari hasil penyelidikan tanah, maka besarnya daya dukung tanah dapat di tentukan. Cara yang dipakai didasarkan atas rumus-rumus empiris yang diturunkan dari teori elastisitas dan teori plastisitas. Untuk perhitungan pondasi berdasarkan nilai Nspt akan dicoba dikorelasikan dengan nilai konsistensi dan kepadatan relatif serta sifat tanah titik untuk jenis pondasi dalam dipakai parameter meyerhoff, besarnya daya dukung terutama di perlukan dalam perencanaan pondasi, yaitu untuk mengetahui apakah lapisan tanah yang bersangkutan cukup kuat untuk menahan beban-beban pondasi setempat terjadi keruntuhan akibat menggeser. Hal ini tergantung dari pada kekuatan geser tanah tersebut.

tukang sondir tanah rusunawa pesantren
Proyek Sondir Rusunawa Pesantren

Anda membutuhkan jasa sondir tanah (soil test) ?

Hubungi kami : 022-61717179   atau 0898 174 39 37