Wednesday 8 April 2015

Alur Kegiatan Sondir Tanah

,
Penyelidikan tanah dengan menggunakan Sondir atau Cone Penetration Test dilakukan dalam beberapa tahap pekerjaan. Mulai dari survey lokasi, penentuan titik sondir, melkukan penyondiran, menganalisa hasil penyondiran dan membuat rekonmendasi untuk pemakainya. Flowchart penyelidikan tanah yang biasa dilakukan dapat dilihat pada bagan dibawah ini :

soiltest penyelidikan tanah
Alur kerja penyelidikan tanah
Dari bagan di atas, pertama kali pekerjaan yang dilakukan adalah survey lokasi sondir. Dalam survey ini melihat luas lokasi, kontur lokasi dan hal-hal lain yang nanti dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam penyondiran ataupun dalam hal transportasi alat sondirnya. Survey ini digunakan untuk menentukan titik sondirnya, sebaiknya titik sondir didasarkan pada rencana pembangunan yang sudah dibuat.
Setelah survey selesai maka pekerjaan lapangan dapat dilakukan. Penentuan urutan pengeboran titik-titik yang sudah ditentukan sebaiknya didasarkan efektifitas dalam perpindahan alat sehingga tidak memerlukan tenaga yang berlebihan. Dahulukan titik-titik yang berdekatan. 
Pada saat pengeboran memakai alat sondir ini operator mencatat kedalaman, tahanan ujung konus dan tahanan gesek konus yang ditunjukan oleh jarum pada angka-angka manometer. Pencatatan dilakukan setiap kedalaman 20 cm. Hal ini dilakukan sampai angka tahanan  konus mencapai angka maksimal. Biasanya untuk bangunan 2-3 lantai pada angka 170, tetapi hal ini disesuaikan dengan permintaan perencana. Dalam satu hari biasanya dapat menyelesaikan pengeboran 4-5 titik sondir, tergantung kedalaman dan kesulitannya. 
Data-data hasil sondir kemudian dianalisa oleh ahli sipil, dalam analisa ini dibuat grafik tiap titik dan tabel hasil sondirnya. Dari analisa data ini dapat ditentukan sebaiknya bangunan menggunakan pondasi dangkal atau pondasi dalam.
Rekomendasi yang diberikan selain tipe pondasi (dangkal/dalam) juga simulasi daya dukung tiang pancang dengan diameter tertentu.

uji tanah-penyelidikan tanah-sondir boring


Hasil uji sondir hanya salah satu faktor dalam menentukan jenis pondasi atau konstruksi bawah bangunan. Masih banyak faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan, misalnya beban-beban yang ditopang oleh bangunan tersebut, baik beban mati maupun beban hidup.

Bila Anda membutuhkan jasa soil test baik sondir atau boring dapat menghubungi kami di 0821 2686 2689 




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

.






0 comments to “Alur Kegiatan Sondir Tanah”