Friday 25 July 2014

Soil Test - Sondir Tanah -Bandung Jakarta (II)

,

Faktor-Faktor Perhitungan Pondasi Yang Di Uji Dalam Test Sondir

Faktor-faktor yang diperlukan dalam perhitungan pondasi dan daya dukung tanah adalah sebagai berikut :
  • faktor keamanan yang cukup agar tidak terjadi keruntuhan
  • batas daya dukung pondasi yang diijinkan
  • ada tidaknya muka air tanah.
Untuk perhitungan daya dukung tanah pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu pondasi dangkal terdiri dari pondasi setempat dan pondasi menerus sedangkan pondasi dalam terdiri dari pondasi tiang kayu; pondasi tiang beton; pondasi tiang komposit dan pondasi pipa baja. Hal yang harus diperhatikan dalam mendisain sistem pondasi yaitu daya dukung pondasi harus lebih besar dari beban yang bekerja pada pondasi dan atau besarnya penurunan pondasi harus lebih kecil dari penurunan yang diizinkan.

Pondasi tiang pancang dapat digunakan jika mobilisasi peralatan pemancangan dan material tiang pancang ke lokasi rencana jembatan tidak sulit dilakukan sehingga biaya untuk pekerjaan pondasi tidak terlalu mahal atau jika pada lokasi proyek sulit memperoleh material pasir kerikil yang memenuhi standar campuran beton.

soil test jasa sondir tanah
Proyek Sondir Rusunawa

Keuntungan penggunaan pondasi tiang pancang dalam hal ini adalah mutu material dapat dikontrol karena dikerjakan di pabrik pemancangan tidak terganggu dengan air tanah. Jika mobilisasi tiang pancang dan peralatan pemancangan sulit dilakukan, maka dapat menggunakan alternatif pondasi tiang bor yaitu pengeboran, pengecoran yang sekarang ini model pekerjaannya disebut bor pile, dilakukan di lokasi perencanaan, yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah muka air tanah dan juga pada lapisan pasir. Pengeboran harus dilakukan dengan menggunakan casing atau dengan sistem selurry. Hal ini dilakukan karena untuk mencegah terjadinya kelongsoran lubang galian akibat adanya air tanah.


Selain itu kriteria pemilihan jenis pondasi akan dipergunakan juga tergantung dari struktur perlapisan tanah serta susunan lapisan tanah di daerah penelitian yang dapat dilihat dari hasil pekerjaan pengeboran inti yang berupa log bor.

Jasa Sondir Tanah (Soil Test) berpengalaman hubungi :


sondirtanah.blogspot.com

Telp. 022-61717179 
Hp. 0898 174 3937


0 comments to “Soil Test - Sondir Tanah -Bandung Jakarta (II)”